Jumat, 23 Maret 2018

Google Rayakan Pi Day Dengan Apple Pie Buatan Dominique Ansel

Posted by Unknown on Jumat, 23 Maret 2018

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Hari ini Google rayakan Pi Day dengan google doodle berbentuk apple pie lezat. Tak sembarangan, apple pie ini dibentuk pastry chef kenamaan Dominique Ansel.

Membuka halaman depan Google hari ini kau dapat melihat goresan pena Google dirangkai dari apple pie dan bahan-bahan penyusunnya. Google Doodle sengaja menampilkan apple pie untuk merayakan Pi Day yang jatuh tiap 14 Maret.

Pemilihan tangal 14 Maret (14/3) menyesuaikan angka 3, 1 dan 4 yang merupakan tiga angka penting pertama dari konstanta pi. Adalah Larry Shaw, fisikawan yang mencetuskan Hari Pi sekitar 30 tahun lalu. Pi sendiri yaitu konstanta matematika yang mengatakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselGoogle Doodle Pi Day (Foto: Istimewa)

Hari Pi dirayakan dengan aneka macam cara, termasuk menikmati pie lezat. Mengapa pie? Kata 'pie' seakan-akan 'pi' yang juga punya kesamaan suara ketika dilafalkan.

Google secara khusus mengajak pastry chef terkenal, Dominique Ansel untuk membuat apple pie lezat. Dikutip dari The Sun (13/3), abjad Google disusun dari lembaran campuran pastry, gulungan mentega, apel dan kulit jeruk. Pie diletakkan di abjad G kedua pada kata Google dengan ukuran paling besar.

Baca Juga: Kimchi Makara "Google Doodle" Hari Ini, Ada Apa Ya?

Dalam pembuatannya, Dominique mengatakan proses meracik campuran pie. "Butuh tepung terigu, mentega, garam dan gula untuk membuat campuran pie," tuturnya di awal video. Ia kemudian mencetak campuran pie dalam loyang bulat.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselProses Pembuatan Apple Pie (Foto: Just a Taste)

Potongan apel kemudian disiapkan untuk menjadi topping pie. "Ada gula dan mentega yang dicampur bersama apel sampai terkaramelisasi dan empuk," terang Dominique. Kreator Cronut ini menekankan pentingnya mengikuti resep dikala membuat apple pie.

Sementara untuk dekorasinya berupa campuran berbentuk lingkaran dalam bermacam-macam ukuran yang disusun di atas apel. Apple pie kemudian dipanggang sekitar 20-25 menit. "Apple pie ini resep sederhana tapi selalu ada twist untuk membuatnya jadi modern," tutur Dominique.

Google Rayakan Pi Day dengan <i>Apple Pie</i> Buatan Dominique AnselDomninique Ansel, Kreator Apple Pie untuk Google Doodle (Foto: Istimewa)

Mengenai keterlibatannya dengan Google, Dominique mengaku sangat bahagia meski harus berpikir out of the box membuat sesuatu yang baru. Chef Prancis ini juga menilai Google Doodle merupakan sarana komunikasi yang menarik untuk dibagikan pada dunia.

Google Doodle merupakan logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa sesuai perayaan atau program tertentu di sebuah negara. Logo ini ditampilkan pada halaman depan (home) Google dikala pengguna membukanya.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini Rayakan Ulang Tahun Pencipta Replika Makanan

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar