Senin, 02 April 2018

Halo-Halo, Ini Beliau Es Campur Warna-Warni Dari Filipina

Posted by Unknown on Senin, 02 April 2018

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Seperti es campur Indonesia, es campur Filipina juga punya isiannya super komplet. Sesuai dengan namanya 'halo-halo' alias 'campur-campur'.

Siang-siang begini memang enaknya menikmati hidangan es yang masbodoh dan segar. Mirip dengan es campur Indonesia, akan tetapi isian dari Halo-halo ini lebih bervariasi. Halo-halo atau halu-halo merupakan es campur dari Filipina.

Disajikan dalam mangkuk, es serutnya dihidangkan dengan tambahan aneka pelengkap. Pelengkapnya berupa kolang-kaling (kaong), pisang, nata de coco, kelapa kopyor, pacar cina, agar-agar, kacang-kacangan dan umbi. Untuk menambah rasa manis, dibagian atasnya juga diberi susu kental elok atau susu evaporasi dan juga es krim.

Halo-halo, Ini Dia Es Campur Warna-warni dari FilipinaIni hidangan es campur asal Filipina. Foto: iStock

Umumnya, Halo-halo memakai paduan es krim dengan warna menyala yang terbuat dari ubi ungu. Namun dibeberapa negara, Halo-halo sudah mulai diperkenalkan dengan paduan es krim yang praktis dicari ibarat rasa cokelat, vanilla sampai strawberry.

Baca juga: Sluuurp! Beragam Bahan Diracik dengan Es dan Sirop

Karena banyak isinya, kebanyakan penjual menaruh jagung elok di dasar gelas, lalu nangka, kacang merah, kelapa muda dan irisan pisang. Agar-agar dengan warna merah, hijau dan kuning juga dipotong dadu dan dicampurkan di atasnya semoga tampilannya semakin memikat. Selanjutnya diberi beberapa skop es krim, susu dan sedikit gula cair.

Halo-halo yang dipadu dengan es krim plus isian komplet.Halo-halo yang dipadu dengan es krim plus isian komplet. Foto: iStock

Bagaimana cara menikmati es campur ini? Setiap orang berbeda-beda. Ada yang bahagia diaduk es krimnya menjadi satu atau ada yang menikmati es krimnya terlebih dahulu sebelum cair.

Isinya yang padat, menciptakan Halo-halo menjadi salah satu dessert yang mengenyangkan. Nyaris tak mengenal waktu dan musim, halo-halo dinikmati orang Filipina kapan saja. Apalagi es ini praktis didapat di penjaja kaki lima sampai restoran.

Baca juga: Dari Banjarnegara sampai Palembang, Ini 6 Es Campur Khas Daerah

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar