Jakarta - Chef hampir selalu sibuk di dapur. Tetapi selain memasak, ternyata para chef juga menyimpan diam-diam perihal restoran dan pengunjung yang datang.
Resep atau teknik memasak bukan satu-satunya hal yang dirahasiakan oleh seorang chef. Regulasi restoran, kuliner yang tersisa, sampai kuliner yang harus dihindari masuk ke dalam rahasianya.
Melalui survei yang dilakukan Food Network (15/03), beberapa chef profesional di seluruh dunia membagikan beberapa diam-diam yang tidak pernah diketahui oleh pengunjung restoran.
Baca Juga: Sstt! Ini 10 Trik Andalan Chef yang Tak Diketahui Banyak Orang!
1. Pemilih makanan
Picky eaters atau si pemilih kuliner merupakan jenis pengunjung yang sering menciptakan para chef kesal. Lebih dari 60% chef mengaku bahwa pengunjung yang suka menentukan kuliner cukup menganggu mereka, alasannya merepotkan.
Foto: iStock |
2. Sisa roti
Di beberapa restoran biasanya selalu ada roti untuk kuliner pembuka, tapi banyak yang tidak memakan roti ini. Ada tiga chef yang mengaku bahwa roti yang tidak dimakan, akan disajikan lagi di meja lain.
3. Aturan 5 detik
Aturan bahwa kuliner yang jatuh ke lantai kurang dari 5 detik masih kondusif dikonsumsi, ternyata juga diterapkan beberapa chef. Banyak chef yang kembali mengambil kuliner yang jatuh di lantai dan disajikan ke pengunjung.
4. Makanan yang dihindari
Ketika sedang makan di restoran, para Chef rupanya menghindari hidangan pasta dan ayam. Karena biasanya harganya terlalu mahal dan paling tidak menarik di menu.
Foto: iStock |
5. Serangga
Serangga ibarat kecoa bukanlah hal yang gres di dapur. Hasil survei menyampaikan bahwa lebih dari 75% chef melihat kecoa berlalu-lalang di dapur mereka.
6. Spesial
Bagi para chef, hal yang Istimewa bukanlah dapur yang bersih, melainkan lebih ke hidangan musiman ibarat kuliner eksperimen yang baru.
7. Menu vegetarian
Jika Anda seorang vegetarian, mungkin hidangan vegetarian yang dipesan di restoran masih mengandung produk hewani. Sekitar 15% dari para chef menyampaikan bahwa kuliner vegetarian yang mereka buat masih mengandung produk hewani.
Foto: iStock |
8. Perilaku kurang menyenangkan
Banyak yang bercerita perihal sikap pengunjung yang kurang menyenangkan, dan melaksanakan hal yang jelek ke kuliner pesanan mereka. Meski pernah terjadi, ternyata hanya 13% chef yang mengaku melihat sikap itu dengan mata mereka sendiri.
9. Tinggalkan tip
Menurut saran seorang chef, tinggalkanlah tip sebesar 20% dari total tagihan kuliner Anda. Karena mereka tahu bagaimana lelahnya pekerjaan seorang pelayan.
Foto: iStock |
10. Jangan tinggalkan tip
Tapi sebaliknya, kalau mendapat pelayanan yang tidak memuaskan dan kurang baik. Para chef sering meninggalkan tip yang kecil sebagai pelajaran untuk pelayan tersebut.
Baca Juga: Asal Tahu Saja, Ini 10 Rahasia Restoran Cepat Saji yang Tak Pernah Diungkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar