Selasa, 10 April 2018

Mau Bikin Pizza Autentik Italia? Ikuti Tips Dari Chef Italia Ini

Posted by Unknown on Selasa, 10 April 2018

Foto: dok. detikFood/Sonia BasoniFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

Jakarta - Tidak sulit menciptakan pizza, apalagi pizza klasik ala Italia. Asal tahu triknya, Anda niscaya sanggup menciptakan pizza renyah gurih.

Pizza identik dengan masakan restoran yang sulit dibuat. Padahal masakan khas Italia ini merupakan masakan sehari-hari yang cukup simpel dibentuk sendiri.

"Di Italia, pizza merupakan masakan yang simpel ditemui di mana saja. Di pinggir jalan, pasar, dan daerah lainnya. Hanya di wilayah Asia, pizza masih sering dianggap sebagai masakan mahal dan mewah," ungkap Chef Marco Tremolada selaku Executive Chef Ristorante Da Velentino Jakarta, kepada detikFood (27/03).

Baca Juga: Begini Nikmatnya Rasa Pizza Margherita Asli Italia

Selama lima tahun Chef Marco mendalami seluk beluk pizza, mulai dari pembuatan sampai cita rasa. Kepada detikFood, Chef Marco menawarkan beberapa tips untuk menciptakan pizza ala Italia di rumah.

1. Latihan

Menurut Chef Marco, latihan dan pengalaman memegang peranan penting untuk menciptakan pizza yang lezat. "Latihan dan pengalaman yakni kunci. Semakin kita sering berguru dan mempraktekan resep pizza, maka kita akan semakin baik dan handal dalam menciptakan pizza di rumah," tuturnya. Chef Marco menyarankan untuk mengambil cooking class pizza. Jika tidak sempat mengikuti cooking class, Anda sanggup menonton video pembuatan pizza di YouTube atau platform lainnya.

2. Oven

Meski memakai panggangan elektrik dan tungku kayu menghasilkan rasa pizza yang berbeda, tapi berdasarkan Chef Marco memanggang pizza di panggangan elektrik juga tidak kalah enak kalau Anda tahu triknya.

"Triknya yakni dengan memasang suhu panas pada oven. Pizza harus dipanggang dalam keadaan panggangan yang sudah sangat panas, biasanya suhu diatas 300 drajat dan cukup panggang pizza selama 5-6 menit," terperinci Chef Marco.

Mau Bikin Pizza Autentik Italia? Ikuti Tips dari Chef Italia IniFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

3. Tidak berlebihan

"Pizza autentik Italia sangat berbeda dengan pizza lainnya. Sebenarnya, pizza Italia sangat sederhana. Hanya saus tomat dan keju mozzarella," ungkap Chef Marco.

Ia menyarankan supaya tidak mengolesi atau menaburi pizza dengan topping atau saus yang berlebihan, alasannya yakni akan merusak cita rasa dari pizza itu sendiri. Cukup olesi saus tomat, dan taburkan topping secukupnya supaya kualitas rasa pizza tetap terjaga.

4. Adonan

Pizza Italia mempunyai tekstur yang tipis, sehingga campuran atau dough pizza harus dibentuk sangat lembut supaya proses penipisannya mudah. Setelah campuran pizza diaduk sampai kalis, campuran ini lebih baik di diamkan di suhu ruangan selama 7-8 jam atau lebih baik semalam penuh supaya proses fermentasi dan pengembangannya sempurna.

Baca Juga: Tak Perlu Garpu dan Pisau, Begini Cara Makan Pizza Italia yang Benar

5. Tekstur pizza

Menurut Chef Marco sedikit sulit untuk menciptakan pizza dengan campuran yang sangat tipis, apalagi kalau kita gres mencoba-coba menciptakan pizza. Karena semakin tipis campuran akan semakin simpel retak atau sobek. Dibutuhkan latihan selama bertahun-tahun untuk menguasai trik ini.

Namun, Chef Marco menyarankan untuk menciptakan campuran pizza menjadi lebih tebal. "Tidak duduk perkara menambahkan sedikit volume pada campuran pizza, alasannya yakni akan lebih simpel untuk diolah," jelasnya.

Mau Bikin Pizza Autentik Italia? Ikuti Tips dari Chef Italia IniFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

6. Kematangan pizza

Untuk mengetahui apakah pizza sudah matang atau belum, Anda sanggup mengeluarkan pizza dari panggangan untuk melihat warnanya. Jika warna sudah bermetamorfosis kecokelatan itu tandanya pizza sudah matang. Cara yang lain yakni dengan mencobanya, kalau bab dalam pizza belum matang dengan sempurna, Anda sanggup memasukannya lagi ke oven.

"Tidak duduk perkara mengeluarkan pizza kemudian memasukannya lagi ke dalam panggangan selama berkali-kali," ungkap Chef Marco.

Mau Bikin Pizza Autentik Italia? Ikuti Tips dari Chef Italia IniFoto: dok. detikFood/Sonia Basoni

7. Hindari memakai saus

Setelah pizza matang, ada lebih baiknya Anda mengindari penggunaan saus sambal atau tabasco ke atas pizza. Hal ini sanggup menciptakan cita rasa pizza berubah, alasannya yakni ditutupi oleh rasa pedas dari saus sejenisnya.

Chef Marco menyarankan untuk mengganti penggunaan saus ini dengan cabe bubuk. Selain menambahkan rasa pedas, cabe bubuk juga sanggup memperkaya rasa dari pizza tanpa mengubah cita rasa aslinya.

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar